Graph MikroTik

Assalamualakum Wr. Wb.

     Hello guys!! kali ini saya akan membagikan materi tentang monitoring dengan menggunakan graph di MikroTik.

     Dengan tools graph, kita bisa melakukan monitoring terhadap beberapa parameter pada router dan menyajikannya dalam bentuk grafik. Grafik ini bisa dilihat dengan melakukan akses router via web, dengan format alamat http://[ip router]/graphs. Misal 192.168.128.105/graphs

     By default, tool graph ini belum melakukan perekaman data apapun, jika dilihat via web browser belum terdapat data apapun. Dibutuhkan pengaturan parameter apa saja yang akan direkam serta tambahan policy jika dibutuhkan. Kita coba untuk monitoring besarnya traffik pada salah satu interface. Pertama, set dulu graphing setting pada /tools graphing. Setting ini untuk menentukan graph akan merekam data tiap berapa menit. Lalu, tambahkan interface mana yang akan dimonitoring pada tab "interface rule".


     Jika sudah, tunggu beberapa saat, lalu akses kembali Graphs dari web browser. Pada akan muncul link sesuai dengan nama interface yang direkam dalam graph. Klik link tersebut untuk melihat grafik bandwidth yang direkam oleh graphs. Anda harus menunggu 5 menit terlebih dahulu, karena tadi kita set "5 min".


     Selain interface router, graph juga bisa merekam Resource Hardware seperti CPU, Memory dan RAM, atau bisa juga untuk merekam Queue. Jika Anda familiar dengan tool atau aplikasi lain untuk monitoring jaringan, tampilan graph-nya bisa dikatakan hampir mirip.

Sekian materi dari saya terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.