A. Pendahuluan
- Nah teman - teman sekarang kita masuk ke Chapter 9
Bab 9 : Pengujian dan Penyelesaian Masalah
9.1 Apa yang perlu dilakukan saat perangkatnya tidak bekerja?
Proses
‘Troubleshooting’
- Apa itu ‘Network Troubleshooting’?
- Proses mengidentifikasi, menemukan dan memperbaiki masalah jaringan.
- Mempertahankan dokumentasi penting saat troubleshooting.
- Mengumpulkan Informasi
- Pertanyaan individual denganmelaporkan masalah dan berbagi pengalaman dengan pengguna yang pernah terkena masalah yang sama.
- Mengumpulkan informasi tentang peralatan apapun yang mungkinterkena dampak.
Pendekatan
ke ‘Troubleshooting’
- Memilih pendekatan troubleshooting
- Top-down
- Divide-and conquer
- Bottom-up
- Pendekatan bagus lainnya
- Trial and Error
- Substitution
Mendeteksi Masalah Fisik
- Menggunakan panca indra
- Penglihatan
- Penciuman
- Peraba
- Pendengaran
- Menggunakan Software dan Utility
- ipconfig
- ping
- netstat
- tracert
- nslookup
Mengatasi Masalah Utility
- Informasi IP Windows
- ipconfig
- ipconfig /all
- ipconfig /release and ipconfig /renew
Menguji
Konektivitas Jaringan
- Menggunakan perintah ping
- ‘Ping’ itu digunakan untuk menguji apakah host tujuan bisa tercapai.
- Perintah ‘ping’ bisa diikuti dengan alamat IP atau nama host tujuan.
- Apa hasil dari ‘ping’?
- Jika ping ke kedua nama dan alamat IP berhasil, namun pengguna tetap tidak dapat mengakses aplikasi, maka masalahnya kemungkinan besar berada pada aplikasi di host tujuan.
- Jika ping tidak berhasil, maka konektivitas jaringan di sepanjang jalur menuju tujuan kemungkinan besar adalah masalah.
- Jika ping ke default gateway berhasil, masalahnya bukan lokal. Jika ping ke default gateway gagal, masalahnya berada pada jaringan lokal.
- Ping mungkin gagal karena firewall pada perangkat pengirim atau penerima, atau router di sepanjanga jalur yang menghalangi ping.
Utilitas
IP Berguna Lainnya
- Bisakah saya mencapai tujuan?
- Utilitas tracert menyediakan informasi konektivitas tentang jalur yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan tentang setiap router (hop) di sepanjang jalur.
- Mengidentifikasi Keaktifan Koneksi
- Netstat mencantumkan protokol yang digunakan.
- Mengatasi Masalah DNS
- Utilitas nslookup memungkinkan pengguna untuk mencari informasitentang nama DNS tertentu di serverDNS.
9.3
Mengidentifikasi dan Memperbaiki Masalah yang Umum
Masalah Konektivitas
- Divide and Conquer
- Ping dari klien wireless ke default gateway
- Ping dari klien berkabel ke default gateway
- Ping dari klien wireless ke klien berkabel
- Bottom Up
- Memeriksa LED
- LED mungkin berubah warna atau flash untuk menyampai-kan informasi
Bagaimana
Cara Menyelesaikan Masalah yang Umum
- Masalah Perkabelan
- Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang benar.
- Hentikan kabel melalui standar penghentian T568A atau T568B.
- Jangan melebihi panjang kabel maksimum yang dilewati.
- Pastikan port yang benar sedang digunakan.
- Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik.
Memecahkan
Masalah Wireless
- Penyebab Masalah Wireless
- Tidak semua standar wireless itu kompatibel.
- Setiap percakapan wireless harus terjadi pada saluran terpisah dan tidak tumpang tindih.
- Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak.
- Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar
- AP berbagi bandwith yang tersedia di antara perangkat.
- Kesalahan Otentikasi dan Asosiasi
- SSID harus sesuai dengan AP dan klien.
- Klien dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama.
- Kunci enkripsi yang sama harus dikonfigurasi pada AP dan klien.
- Kesalahan Konfigurasi Server DHCP
- Informasi tabel klien harus sesuai dengan informasi host lokal
- Melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa router memiliki alamat IP
- Interface LAN dari router wireless harus ditetapkan sebagai default gateway
- Mengapa kita tidak bisa terkoneksi ke Internet?
- Periksa halaman status router.
- Periksa sema koneksi fisik dan indikator LED.
- Cobalah untuk menghubungkan kembali koneksinya.
- Mungkinkah itu Firewall?
- Periksa apakah aplikasi itu port TCP atau UDP ‘open’dan tidak ada daftar filter memblokir lalu lintas ke port itu.
- Periksa semua pengaturan di router untuk memastikan tidak adanya pembatasan keamanan yang dapat menyebabkan masalah
9.4
Bekerja dengan ‘Customer Support’
Menggunakan Sumber Luar untuk Bantuan
- Dimana saya bisa mendapatkan bantuan?
- Mungkin perlu mendapat bantuan dari sumber luar.
- Kapan saya bisa memanggil batuan itu?
- Mungkin perlu menghubungi bagian dukungan vendor atau ISP untuk mendapatkan bantuan.
- Menggunakan Meja Dukungan
- Penting untuk memberi informasi pendukung sebanyak mungkin suatu informasi.
Menjaga
Catatan/Nama Baik
- Menyelesaikan Masalah
- Mereka dapat meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi.
- Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan
- Tiket dan Tata Kerja
- Saat pelanggan mengidentifikasi siapa mereka, si teknisi mengaksespelanggan yang relevan informasi.
- Informasi dipindahkan ke sebuah tiket masalah, atau laporan kejadian.
- Bila diperlukan panggilan di tempat,informasi tiket bermasalah bisa dikonversi menjadi sebuah perintah kerja.
- Jadi itulah tadi beberapa cara untuk menyelesaikan masalah.
- REVIEW_NetEss_Instructor Materials_Chapter9.pptx