Training Cisco Instructor Materials Chapter 9

Assalamualaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan
  • Nah teman - teman sekarang kita masuk ke Chapter 9
B. Tahap Pelaksanaan

Bab 9 : Pengujian dan Penyelesaian Masalah 

 9.1 Apa yang perlu dilakukan saat perangkatnya tidak bekerja?
Proses ‘Troubleshooting’   
  • Apa itu ‘Network Troubleshooting’? 
  1. Proses mengidentifikasi, menemukan dan memperbaiki masalah jaringan. 
  2. Mempertahankan dokumentasi penting saat troubleshooting. 
  • Mengumpulkan Informasi
  1. Pertanyaan individual denganmelaporkan masalah dan berbagi pengalaman dengan pengguna yang pernah terkena masalah yang sama.   
  2. Mengumpulkan informasi tentang peralatan apapun yang mungkinterkena dampak.

Pendekatan ke ‘Troubleshooting’
  • Memilih pendekatan troubleshooting 
  1.  Top-down 
  2. Divide-and conquer 
  3. Bottom-up 
  • Pendekatan bagus lainnya 
  1. Trial and Error 
  2. Substitution 
 9.2 Mengatasi Masalah Jaringan 

Mendeteksi Masalah Fisik
  • Menggunakan panca indra 
  1. Penglihatan   
  2. Penciuman 
  3. Peraba 
  4. Pendengaran 
  • Menggunakan Software dan Utility 
  1. ipconfig 
  2. ping 
  3. netstat 
  4. tracert 
  5. nslookup

    
Mengatasi Masalah Utility
  • Informasi IP Windows 
  1. ipconfig 
  2. ipconfig /all 
  3. ipconfig /release and ipconfig /renew
 
Menguji Konektivitas Jaringan
  • Menggunakan perintah ping 
  1. ‘Ping’ itu digunakan untuk menguji apakah host tujuan bisa tercapai. 
  2. Perintah ‘ping’ bisa diikuti dengan alamat IP atau nama host tujuan.
 
  • Apa hasil dari ‘ping’? 
  1. Jika ping ke kedua nama dan alamat IP berhasil, namun pengguna tetap tidak dapat mengakses aplikasi, maka masalahnya kemungkinan besar berada pada aplikasi di host tujuan.   
  2. Jika ping tidak berhasil, maka konektivitas jaringan di sepanjang jalur menuju tujuan kemungkinan besar adalah masalah. 
  3. Jika ping ke default gateway berhasil, masalahnya bukan lokal. Jika ping ke default gateway gagal, masalahnya berada pada jaringan lokal.   
  4. Ping mungkin gagal karena firewall pada perangkat pengirim atau penerima, atau router di sepanjanga jalur yang menghalangi ping.
Utilitas IP Berguna Lainnya
  • Bisakah saya mencapai tujuan? 
  1. Utilitas tracert menyediakan informasi konektivitas tentang jalur yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan tentang setiap router (hop) di sepanjang jalur. 
  • Mengidentifikasi Keaktifan Koneksi   
  1. Netstat mencantumkan protokol yang digunakan. 
  • Mengatasi Masalah DNS 
  1. Utilitas nslookup memungkinkan pengguna untuk mencari informasitentang nama DNS tertentu di serverDNS.
 
9.3 Mengidentifikasi dan Memperbaiki Masalah yang Umum

 Masalah Konektivitas
  • Divide and Conquer 
  1. Ping dari klien wireless ke default gateway 
  2. Ping dari klien berkabel ke default gateway 
  3. Ping dari klien wireless ke klien berkabel 
  • Bottom Up 
  1. Memeriksa LED 
  2. LED mungkin berubah warna atau flash untuk menyampai-kan informasi
 
Bagaimana Cara Menyelesaikan Masalah yang Umum
  • Masalah Perkabelan 
  1. Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang benar. 
  2. Hentikan kabel melalui standar penghentian T568A atau T568B.  
  3. Jangan melebihi panjang kabel maksimum yang dilewati. 
  4. Pastikan port yang benar sedang digunakan. 
  5. Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik.
 
Memecahkan Masalah Wireless
  • Penyebab Masalah Wireless 
  1. Tidak semua standar wireless itu kompatibel. 
  2. Setiap percakapan wireless harus terjadi pada saluran terpisah dan tidak tumpang tindih. 
  3. Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak. 
  4. Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar
  5. AP berbagi bandwith yang tersedia di antara perangkat. 
  • Kesalahan Otentikasi dan Asosiasi 
  1. SSID harus sesuai dengan AP dan klien. 
  2. Klien dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama. 
  3. Kunci enkripsi yang sama harus dikonfigurasi pada AP dan klien.     
Masalah DHCP dan Alamat IP
  • Kesalahan Konfigurasi Server DHCP   
  1. Informasi tabel klien harus sesuai dengan informasi host lokal 
  2. Melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa router memiliki alamat IP 
  3. Interface LAN dari router wireless harus ditetapkan sebagai default gateway
 
  • Mengapa kita tidak bisa terkoneksi ke Internet? 
  1. Periksa halaman status router. 
  2. Periksa sema koneksi fisik dan indikator LED. 
  3. Cobalah untuk menghubungkan kembali koneksinya. 
  • Mungkinkah itu Firewall? 
  1. Periksa apakah aplikasi itu port TCP atau UDP ‘open’dan tidak ada daftar filter memblokir lalu lintas ke port itu. 
  2. Periksa semua pengaturan di router untuk memastikan tidak adanya pembatasan keamanan yang dapat menyebabkan masalah
 
 
9.4 Bekerja dengan ‘Customer Support’

 Menggunakan Sumber Luar untuk Bantuan
  • Dimana saya bisa mendapatkan bantuan? 
  1. Mungkin perlu mendapat bantuan dari sumber luar. 
  • Kapan saya bisa memanggil batuan itu? 
  1. Mungkin perlu menghubungi bagian dukungan vendor atau ISP untuk mendapatkan bantuan.  
  • Menggunakan Meja Dukungan 
  1. Penting untuk memberi informasi pendukung sebanyak mungkin suatu informasi.
 
Menjaga Catatan/Nama Baik
  • Menyelesaikan Masalah 
  1. Mereka dapat meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi. 
  2. Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan 
  • Tiket dan Tata Kerja 
  1. Saat pelanggan mengidentifikasi siapa mereka, si teknisi mengaksespelanggan yang relevan informasi. 
  2. Informasi dipindahkan ke sebuah tiket masalah, atau laporan kejadian. 
  3. Bila diperlukan panggilan di tempat,informasi tiket bermasalah bisa dikonversi menjadi sebuah perintah kerja.

C. Kesimpulan
  • Jadi itulah tadi beberapa cara untuk menyelesaikan masalah.
D. Referensi
  • REVIEW_NetEss_Instructor Materials_Chapter9.pptx
Wassalamualaikum Wr. Wb.