Per Connection Queuing


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hello guys !! kali ini saya akan memberikan materi tentang PCQ.

PCQ (Per Connection Queuing)
PCQ merupakan sebuah fitur mikrotik yang dapat membagi bandwidth secara merata. Artinya kita dapat melakukan pembagian bandwidth secara adil berdasarkan jumlah client yang sedang aktif. Cara kerja PCQ adalah dengan menambahkan sub-queue, berdasar classifier tertentu.
Perhatikan gambar di bawah ini:


Sebagai contoh, misalkan anda berlangganan internet dedicated dengan kecepatan 512 Kbps ( Upload dan Download ). Kemudian koneksi tersebut anda share untuk 2 buah PC, maka bandwidth yang di dapat masing-masing PC jika sedang online adalah 256 Kbps. Akan tetapi jika hanya 1 PC saja yang sedang online maka PC tersebut akan mendapatkan full bandwidth yaitu 512 Kbps. Secara garis besar teknik PCQ ini akan membagi rata tergantung jumlah PC sedang online dengan tujuan menghindari PC yang offline karena tidak mendapatkan bandwidth.
Sebetulnya teknik ini sangat cocok di implementasikan di warnet ataupun hotspot. Bayangkan jika anda mengelola hotspot, bagaimana melakukan bandwitdh managementnya jika jumlah clientnya tidak pasti? Untuk itu pcq dan queue tree ini sangat membantu.
PCQ merupakan salah satu cara melakukan manajemen bandwidth yang cukup mudah dimana PCQ bekerja dengan sebuah algoritma yang akan membagi bandwidth secara merata ke sejumlah client yang aktif. PCQ ideal diterapkan apabila dalam pengaturan bandwidth kita kesulitan dalam penentuan bandwidth per client.

1. Pcq-rate configuration
PCQ rate adalah dasar perhitungan Router. Seberapa besar rate-limit yg akan diberikan ke user yg aktif. Cara setting PCQ sebanarnya cukup mudah. Kita hanya perlu menambahkan Queue Type PCQ, kemudian tentukan nilai classifier dan nilai rate. Untuk management traffic download, centang opsi classifier dst.address. Dan untuk management traffic upload, centang opsi src.address.


Selanjutnya, implementasikan PCQ yang dibuat sebelumnya. Misal dikombinasikan dengan Simple Queue.


Sayangnya, karena semua urusan pembagian bandwidth sama rata dilakukan Router secara otomatis, kita tidak bisa menerapkan Priority ke user tertentu pada saat menggunakan PCQ.

Sekian materi dari saya, terima kasih.

Wassalamualaikm Wr. Wb.