src-nat & dst-nat


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hello guys!!!
Kali ini saya akan membahas src-nat dan dst-nat


1. Masquerade and src-nat action
Fungsi Masquerade (topeng) adalah mengubah IP privat ke IP public. Sedangkan src-nat adalah mengubah source address dari sebuah paket data.



Untuk Out. Interface bisa anda sesuaikan, disini saya menggunakan wlan1.



1. Dst-nat nat redirect actions
Dst-nat adalah mengubah sebuah destination address dari sebuah paket data, sedangkan redirect adalah mengalihkan paket/alamat yang dituju ke alamat/paket lain. Disini kita harus mengkombinasikan dengan Web Proxy agar hasilnya bisa maksimal. Dengan kombinasi ini kita bisa memblokir atau me-redirect sebuah situs.

Konfigurasi pertama adalah pertama buka IP > Web Proxy > Kemudian centang “Enabled” dan “Cache On Disk”



Lalu anda tambahkan Firewall nya di IP > Firewall > NAT



Kemudian anda kembali lagi ke Web Proxy, Masuk ke menu “Access” lalu tambahkan dan buat seperti dibawah ini. Dst. Host adalah website yang akan kita blokir/redirect (Disini saya memakai www.asus.com). Jika kita ingin memblokir “Redirect To” tidak perlu di isi. Jika ingin redirect maka “Redirect To” anda isi mau anda arahkan kemana (Disini saya arahkan ke www.hitasw.blogspot.com).



Nanti hasilnya akan seperti ini jika di uji coba.


Sekian materi dari saya

Wassalamualaikum Wr. Wb.