Perbedaan Default Authenticate & Default Forward

Assalamualikum Wr. Wb.

Hallo sobat! kali ini saya akan memberikan materi tentang perbedaan default authenticate & default forward. Kalian pasti terkadang bingung dengan perbedaan mereka berdua kan ?😂
Langsung menuju materi sobat 😅

1. Default Authenticate

Karena hanya mac-address yang terdaftar di access list yang boleh terkoneksi , maka hilangkan centang pada opsi "Default Authenticate" pada properties interface wireless. Dengan begitu, ketika ada client wireless yang hendak terkoneksi, router tidak akan langsung mengijinkan client tadi interkoneksi, namun router akan melihat kedalam tabel access-list untuk mengecek apakah ada kebijakan yang diterapkan untuk client tadi.

Jika digunakan mode AP maka semua client yang tidak dibatasi di access-list akan diautentikasi dan bisa terkoneksi. Jika digunakan di mode station maka wireless bisa terkoneksi ke AP manapun yang tidak dibatasi di connect-list.

2. Default Forward

Untuk menentukan kebijakan apakah antar client wireless akan diijinkan untuk saling interkoneksi atau tidak. Terkadang untuk alasan security admin perlu mematikan opsi default-foward. Misal untuk menangkal NetCut, netcut berkerja dengan menyerang perangkat client lain yang sudah terkoneksi, dengan mematikan opsi default-foward, netcut tidak akan bisa  menyerang client lain yang masih dalam 1 AP.


Parameter yang digunakan untuk forwarding traffic dari client ke client yang lain dalam AP yang sama. Bisa dibatasi lebih spesifik per clientnya di access-list.

Sekian materi yang bisa saya berikan, terimakasih 😉
Semoga bermanfaat 😊

Wassalamualaikum Wr. Wb.